13 April , 2024
Obat

Alami Gatal, Ini Obat Kulit Ampuh Atasi Gatal



Iklan Hosting

Pernah merasakan gatal kulit yang menganggu hingga membuat tidak nyaman? Gatal-gatal di tubuh ini umumnya bisa terjadi karena banyak hal, seperti alergi, gigitan serangga, masalah psikologis ataupun adanya penyakit tertentu. Untuk mengatasinya, Anda butuh obat gatal kulit yang ampuh, agar kondisi ini tidak sampai mengganggu aktivitas Anda.

Cara Mengobati Rasa Gatal

1. Cara sederhana

Cara Sederhana Mengobati rasa gatal kulit

Pertama, untuk mengatasi gatal yang Anda alami, cobalah untuk melakukan cara sederhana berikut ini, yaitu tidak menggaruk bagian kulit yang gatal karena ini malah bisa menyebabkan munculnya luka ataupun infeksi serta menghambat penyembuhan. Anda juga dapat mengompres dingin bagian yang gatal, ataupun menggunakan pelembab untuk menghindari kulit kering yang juga bisa jadi penyebab gatal kulit.

Lebih baik, Anda juga menghindari pemicu gatal, bila Anda mengetahui penyebabnya, seperti penggunaan sabun, parfum, stress, ataupun suhu yang terlalu panas. Selain itu, kurangi kebiasaan mandi yang terlalu lama ataupun seringnya menggunakan air panas untuk mandi.

2. Obat oral untuk gatal

Menggunakan obat oral mengobati gatal kulit

Bila cara sederhana tidak juga membantu permasalahan gatal yang Anda alami, dokter umumnya akan meresepkan beberapa obat minum atau oral yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Antihistamin; fungsi obat gatal kulit satu ini adalah mencegah kerja histamin yang merupakan zat kimia dalam tubuh yang bisa memicu gejala alergi. Obat antihistamin ini umumnya diberikan dokter bila Anda merasa gatal-gatal karena alergi.
  • Antidepresan tetrasiklik; obat-obat seperti mirtazapine atau paroxetine dan sertraline yang berupa selective serotonine reuptake inhibitor, akan membantu meringankan rasa gatal pada pasien yang punya kelainan saraf ataupun masalah psikologis. Penggunaannya harus dalam pengawasan dokter dan hanya bisa didapat dengan resep dokter saja.
  • Antibiotik; bila gatal disebabkan karena adanya infeksi pada kulit, dokter biasanya akan menyarankan konsumsi antibiotik. Selain obat minum, antibiotik juga bisa diresepkan dalam bentuk obat oles.

3. Obat topikal untuk gatal

Menggunakan Obat topikal

Selain obat minum atau obat oral, ada obat gatal kulit paling ampuh lainnya yang digunakan dengan cara dioleskan pada bagian kulit yang gatal, yaitu:

  • Menthol dan calamine; rasa dingin yang dihasilkan oleh menthol bisa Anda gunakan untuk meredakan rasa gatal di kulit. Sedangkan Calamine bisa mengurangi gatal dan lecet karena sengatan ataupun gigitan serangga.
  • Diphenhydramine; salah satu jenis antihistamin yang merupakan obat topikal ini bisa jadi solusi bila Anda merasakan gatal karena alergi. Fungsinya pun sama dengan obat antihistamin oral.
  • Hidrokortison; zat satu ini dapat membantu meredakan gatal dan juga mengurangi peradangan. Umumnya, jenis yang dipilih berkekuatan ringan serta digunakan dalam pengobatan eksim, psoriasis ataupun alergi produk pembersih dan juga perhiasaan.
  • Urea dan lauromacrogol; bahan-bahan aktif ini bisa membantu meredakan gatal dan menjaga kelembapan kulit. Keduanya bisa Anda pakai untuk mengobati dan juga mencegah kulit bersisik, kasar, kering, gatal dan iritasi ringan pada kulit yang gatal.
  • Doxepin; ini termasuk dalam obat antipruritik. Di mana cara kerja doxepin adalah dengan memblokir histamin yang memicu alergi. Umumnya, doxepin ini dipakai untuk mengobatan gatal karena eksim.
  • Calcineurin inhibitor; obat satu ini punya fungsi menghambat kerja sel T yang jadi memicu peradangan dan juga mengurangi gatal pada kulit.

4. Bahan Alami

Bahan Alami Mengobati gatal

Ada beberapa obat gatal kulit paling ampuh yang terbuat dari bahan-bahan alami. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk membantu Anda meredakan gatal. Beberapa obat herbal yang bisa Anda coba yaitu:

  • Minyak esensial daun mint; untuk gatal akibat gigital serangga, penyakit diabetes ataupun penyakit ginjal.
  • Minyak bunga chamomile, lavender serta tea tree oil; juga bisa Anda pakai untuk meredakan rasa gatal yang menggangu.
  • Lidah buaya; membantu melembapkan kulit yang kering sehingga rasa gatal bisa berkurang. Namun sebelum menggunakannya, uji reaksi alergi kulit Anda terlebih dulu ya.
  • Minyak kelapa; bahan ini punya sifat antiinflamasi dan juga dapat menghilangkan rasa sakit akibat peradangan. Dengan mengoleskan minyak kelapa, akan membantu meningkatkan kadar antioksidan yang berfungsi dalam menstabilkan radikal bebas serta mengatasi peradangan yang jadi penyebab gatal.

Itu dia obat gatal kulit paling ampuh yang bisa Anda coba, mulai dari obat minum dan oles yang bisa Anda temukan di apotek, ataupun obat alami dan cara sederhana yang bisa Anda lakukan langsung di rumah. Namun bila gejala gatal sangat mengganggu, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui diagnosa yang tepat.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Obat Herbal Asli & Palsu, Ini Cara Membedakannya

admin

Apa Saja Efek Samping dan Manfaat Paracetamol

admin

Apa dan Bagaimana Efek Samping Obat

admin