Home Hidup Sehat Wah, Ternyata Ini Dia 8 Jurus Sehat Rasulullah. Patut Ditiru!

Wah, Ternyata Ini Dia 8 Jurus Sehat Rasulullah. Patut Ditiru!

0
Wah, Ternyata Ini Dia 8 Jurus Sehat Rasulullah. Patut Ditiru!

Kesehatan, adalah suatu hal yang penting dan berharga. Melakukan berbagai hal untuk menjaga kesehatan wajib hukumnya. Nah, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah meniru jurus sehat Rasulullah, yang ternyata jadi kunci Rasulullah dalam hidup sehat.

Dikisahkan, seumur hidupnya, Rasulullah hanya pernah mengalami sakit sebanyak dua kali. Yang pertama, saat dirinya diracun seorang wanita Yahudi, yang menghidangkan makanan pada Rasulullah ketika di Madinah. Dan yang kedua, ketika Rasulullah menjelang wafat.

Ternyata, kunci hidup sehat yang didapat Rasulullah adalah dengan melakukan jurus-jurus sehat ala Rasulullah berikut ini. Kita juga bisa menerapkannya di kehidupan kita sehari-hari untuk mendapatkan manfaat yang sama bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: 9 Cara Diet Sehat dan Aman Tanpa Bahayakan Tubuh

1. Sering berpuasa

Dalam sebuah hadis dijelaskan, Rasulullah seringkali berpuasa di hari Senin dan Kamis. Puasa ini bukan hanya ibadah yang dilakukan orang muslim, namun juga punya manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh kita. Dengan berpuasa, bahkan dapat menyembuhkan beragam penyakit berbahaya seperti hipertensi, serangan jantung, diabetes dan juga kanker.

2. Tidak makan berlebihan dan berhenti makan sebelum kenyang

Seperti yang kita ketahui, sesuatu yang berlebihan tentu tidaklah baik, begitu pun dengan makan berlebihan. Ini dikhawatirkan akan memicu beragam kerugian, seperti makanan jadi tidak habis, ataupun kita malah merasa mual dan muntah karena kekenyangan.

Selain itu, Rasulullah juga selalu mengajarkan untuk berhenti makan sebelum kenyang. Ini cukup ampuh untuk membuat kita terhindar dari beragam penyakit. Dari sisi medis, berhenti makan sebelum kenyang akan mencegah masalah pencernaan.

3. Tidak begadang

Hidup sehat ala Rasulullah berikutnya adalah menghindari begadang. Beliau pun mengusahakan untuk tidur setelah salat Isya. Ini karena, waktu tidur merupakan waktu yang terbilang paling efektif untuk meremajakan tubuh. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan merangsang hormon yang menjauhkan kita dari penyakit berbahaya, sehingga tubuh pun jadi selalu sehat.

4. Menjaga pola makan

Jurus sehat Rasulullah lainnya yaitu ketika pagi hari, beliau suka minum segelas air dingin yang sudah dicampur madu asli. Lalu saat masuk waktu dhuha (pagi menjelang siang), Rasulullah akan mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa. Madu dan kurma ini, dalam dunia kesehatan punya banyak sekali manfaat pada kesehatan pencernaan kita, salah satunya adalah menetralisir racun.

Rasulullah juga sering konsumsi minyak zaitun di saat siang menjelang sore. Dan ketika malam hari, Rasulullah mengonsumsi sayuran segar yang punya nutrisi. Sayuran ini punya kandungan ontioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Rasulullah pun setelah makan tidak pernah langsung tidur, agar makanan tercerna sempurna, beliau akan melakukan aktivitas lain.

5. Menjaga kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Kita pasti sering mendengar kalimat in ikan? Karena pada dasarnya, hal ini terdapat dalam sebuah hadis, di mana Rasulullah pernah bersabda demikian. Rasulullah sendiri pun adalah orang yang terkenal bersih dan juga rapi. Setiap hari Kamis ataupun Jumat, Rasulullah akan rutin mencukur rambut halus di pagian pipinya, memotong kuku dan memakai minyak wangi. Beliau pun menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan bersiwak. Ini merupakan cara hidup Rasulullah sehari-hari, dan merupakan sunnah yang hingga kini masih diikuti para umatnya.

6. Olahraga

Rasulullah pun hobi berolahraga lho, seperti memanah, berkuda dan juga berenang. Bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat saja, tapi juga tubuh pun akan lebih kuat. Rasulullah pun pernah melakukan lomba lari, gulat dan juga memanah.

7. Silaturahim

Menjalin silaturahmi juga jadi jurus sehat Rasulullah yang lainnya. Beliau sering mengunjungi para sahabat dan tetangganya untuk bersilaturahim. Ini juga jadi cara menjaga kesehatan versi Rasulullah yang wajib ditiru.

Baca Juga: 7 Tips Memulai Pola Hidup Keluarga Sehat Sejak Dini

8. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan

Menjaga kebersihan tubuh akan membuat kita jadi terhindar dari beragam penyakit. Dalam sebuah hadis, waktu untuk memotong kumis, kuku, mencabut bulu ketiak dan juga mencukur bulu kemaluan, hendaknya dilakukan tidak melebihi 40 hari. Ini juga berhubungan dengan kebersihan tubuh yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh.

Selain kebersihan tubuh, kebersihan lingkungan pun harus diperhatikan. Apabila lingkungan sekitar kita kotor, akan tinggi risiko kita mengalami penyakit, karena lingkungan tersebut bisa jadi sarang penyakit. Untuk itu, pastikan kalau lingkungan sekitar kita sudah bersih.

Itulah 8 jurus sehat Rasulullah yang bisa kita tiru untuk mendapatkan tubuh sehat sepanjang hidup seperti Rasulullah.