17 Juni , 2024
Hidup Sehat

Mengapa Harus Berjemur di Pagi Hari, Ini Alasannya


Iklan Hosting

Kenapa harus berjemur pagi? Mungkin hal itu pernah terlintas di pikiranmu dulu ketika awal pandemi Covid-19. Sejak munculnya virus corona, anjuran untuk berjemur pagi secara rutin sering digencarkan. Padahal orang Indonesia biasanya menghindari aktivitas berjemur karena takut kulitnya menghitam. 

Ternyata berjemur di pagi hari baik untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Dengan begitu kekebalan tubuh meningkat sehingga mampu mencegah penularan virus corona. Lantas, kenapa harus berjemur pagi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh? Ketahui selengkapnya di artikel ini!

Kenapa Harus Berjemur Pagi Hari?

kenapa harus berjemur pagi
Ilustrasi | Foto: Unsplash

Vitamin D yang dibutuhkan oleh manusia tidak dapat diproduksi dengan sendirinya oleh tubuh. Maka, untuk mencukupi kebutuhan vitamin D manusia perlu mencarinya dari sumber di luar tubuh. Beberapa di antaranya bisa didapatkan dari sumber makanan serta paparan sinar matahari pagi.

Saat berjemur, sinar matahari pagi menghasilkan sinar ultraviolet (UV) yang akan diserap oleh kulit kemudian diubah menjadi vitamin D. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, menjaga imunitas tubuh, serta memperlancar transmisi kerja otot dengan saraf. 

Dengan begitu tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti multiple sclerosis, tuberkulosis, osteomalacia, rheumatoid arthritis, diabetes mellitus tipe 1, dan penyakit rakitis pada anak-anak. Selain itu, sistem imun yang kuat juga mampu mencegah tubuh terkena penyakit infeksi, seperti virus corona. 

Sinar matahari juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Menurut badan kesehatan dunia (WHO), paparan sinar matahari dapat menangani masalah kulit, seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan infeksi jamur.

Waktu Terbaik Untuk Berjemur Pagi Hari

kenapa harus berjemur pagi
Ilustrasi | Foto: Unsplash

Sinar matahari mengandung berbagai jenis radiasi yang dibagi berdasarkan panjang gelombangnya, yaitu UVA dengan gelombang panjang dan UVB dengan gelombang pendek. Semakin kecil panjang gelombangnya, maka semakin rendah efek radiasinya.

Sinar UVA mampu menembus ke sel kulit yang terdalam, sedangkan UVB hanya sampai di permukaan kulit. Selain itu, sinar UVA tidak bisa diserap oleh lapisan ozon sehingga hampir 95% sinar UV yang menuju tanah merupakan UVA.

Terkena paparan sinar UVA menimbulkan efek yang terlihat langsung dan segera. Biasanya efek yang terlihat berupa kulit terbakar, kulit keriput, dan timbulnya noda hitam pada kulit. Berbeda dengan sinar UVA, efek terkena paparan sinar UVB muncul secara perlahan. Jika terkena sinar UVB kulit akan mengalami efek sunburns.

Efek jangka panjang dari paparan sinar UVA maupun UVB berupa kanker kulit. Maka, demi menghindari dari efek buruk tersebut berjemurlah pada pukul 08.00-10.00 pagi. Selain itu, bagi Kamu yang berkulit terang berjemurlah selama 5-10 menit, sedangkan bagi Kamu yang berkulit gelap berjemurlah selama 15 menit.

Tips Agar Tetap Aman Saat Berjemur Pagi

kenapa harus berjemur pagi
Ilustrasi | Foto: Unsplash

Tentunya manfaat baik dari berjemurlah yang ingin Kamu rasakan. Akan tetapi, kita tidak bisa memungkiri bahwa fakta sinar matahari juga yang membawa sejumlah dampak buruk bagi kulit. Agar mendapatkan hasil maksimal dan tetap aman selama berjemur, yuk ikuti tips berikut ini!

1. Tetap Konsumsi Makanan Bergizi

Hanya dengan berjemur saja tidak bisa mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk melengkapinya dengan konsumsi makanan bergizi maupun suplemen vitamin D. 

Makanan yang mengandung vitamin D bisa Kamu dapatkan dari ikan tuna, salmon, sarden, kuning telur, dan hati sapi. Untuk suplemen vitamin D Kamu bisa mengonsumsinya 400-800 IU per hari.

2. Rutinlah Berjemur Pagi

Berjemur dengan durasi lama di bawah sinar matahari sangat tidak dianjurkan karena dapat memicu kerusakan kulit. Lebih baik berjemurlah dengan durasi pendek, namun dilakukan secara rutin.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Selama berjemur tubuh mungkin mengalami dehidrasi. Dengan minum air putih akan mencegah tubuh kekurangan cairan. Jika tubuh mulai merasa kepanasan dan lemas selama berjemur, segeralah pindah ke tempat yang lebih teduh agar terhindar dari heat stroke. 

Jadi, sudah tahu kan kenapa harus berjemur pagi hari? Selain menyehatkan, sinar matahari pagi juga dipercaya mampu memberikan rasa bahagia. Dengan begitu, tak perlu takut lagi untuk berjemur di pagi hari. Yuk, rutin berjemur!

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

7 Tips Memulai Pola Hidup Keluarga Sehat Sejak Dini

Marsyaviani Darestuti

Rasakan Manfaat Jalan Pagi Secara Rutin

admin

Peningkatan Antibodi: Langkah-langkah Ampuh untuk Kesehatan yang Lebih Baik

admin