30 November , 2022
Image default
Hidup Sehat

Tips Menyembuhkan Ketombe di Kulit Kepala


Permasalahan ketombe, mungkin adalah permasalahan di kulit kepala yang paling umum dialami banyak orang, dari segala jenis kelamin ataupun usia. Keberadaan ketombe yang membandel ini pun seringkali mengganggu aktivitas karena rasa gatal yang menyerang. Bahkan, kepercayaan diri juga jadi menurun karena ketombe. Karena itulah, kamu yang punya masalah dengan ketombe, bisa coba tips ampuh menyembuhkan ketombe membandel di bawah ini.

Ketombe bisa saja muncul karena banyak penyebab. Penyebab ketombe, bisa eperti kurang terjaganya kebersihan kulit kepala, kulit di bagian kepala sering kering, kurang cocok dalam menggunakan produk perawatan rambut dan bisa juga karena adanya infeksi jamur kulit atau dermatitis seboroik.

Cara Menyembuhkan Ketombe

Beberapa cara menghilangkan ketombe parah dan membandel di bawah ini, bisa kamu coba dengan mudah. Bahkan beberapa di antaranya ada yang menggunakan bahan alami, yang pastinya lebih aman dipakai.

1. Keramas dengan rutin

Cara Menyembuhkan ketombe dengan rutin berkeramas

Rambut yang mudah berminyak, dan tidak rutin melakukan cuci rambut atau keramas, akan membuat kulit kepala jadi berketombe. Untuk itu, pastikan kamu keramas dengan rutin, agar sel-sel kulit mati dan juga kotoran yang ada di rambut dan kulit kepala bisa terangkat.

Tapi, kamu tidak perlu keramas setiap hari. Hal ini malah hanya akan membuat kulit kepala kering, yang akan menambah masalah ketombe di kulit kepala.

Kamu bisa keramas dengan menggunakan sampo anti ketombe yang umumnya memiliki kandungan zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat dan juga selenium sulfida. Sampo yang punya kandungan ini akan membantu mengurangi ketombe dan rasa gatal yang ditimbulkannya.

2. Tea tree oil

Gunakan Tea tree Oil

Tea tree oil ini memang terkenal memiliki banyak manfaat, seperti membantu mengatasi jerawat dan juga ketombe. Ini karena tea tree oil punya kemampuan untuk mengurangi pertumbuhan jamur, yang menjadi penyebab ketombe dan gatal di kulit kepala.

Bila ingin menggunakan tea tree oil, kamu bisa mencampurkannya dengan sampo yang biasa kamu gunakan. Atau, kamu juga bisa mengoleskan tea tree oil murni yang sudah dicampur lidah buaya ke bagian kulit kepala. Lalu pijat lembut, tunggu beberapa menit dan bilas sampai bersih.

Namun sebelumnya, pastikan kamu melakukan tes reaksi dulu ya, dengan cara mengoleskan tea tree oil ke bagian kulit lengan, lalu tunggu 24 jam. Bila kulit memerah, sebaiknya kamu juga tidak menggunakannya ke bagian kulit kepala, karena mungkin saja kamu mengalami reaksi alergi.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga ampuh untuk menghilangkan ketombe

Minyak kelapa juga bisa jadi salah satu obat ketombe alami yang dapat kamu temukan dan gunakan dengan mudah. Caranya, oleskan minyak kelapa pada kulit kepala, lalu diamkan beberapa menit agar minyak kelapa terserap, kemudian kamu bisa mencuci rambut sampai bersih.

Minyak kelapa ini akan membuat kulit kepalamu jadi lebih lembap, sehingga permasalahan ketombe pun bisa teratasi karena kulit kepala tidak lagi kering.

4. Lidah buaya

Lidah Buaya sudah terkenal khasiatnya sejak lama

Dalam lidah buaya terdapat zat anti bakteri dan juga anti jamur yang bisa membantu menyembuhkan ketombe. Lidah buaya pun bisa membantu mengurangi peradangan dan mengendalikan infeksi yang bisa menyebabkan rambut jadi rontok.

Caranya, oleskan gel dari lidah buaya ke bagian kulit kepala, lalu diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih. Atau kamu juga bisa menggunakan produk gel yang punya kandungan lidah buaya, yang sekarang ini sudah banyak dijual di pasaran.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel

Cuka sari apel atau apple cider vinegar juga merupakan bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi ketombe parah. Dalam cuka saria apel terdapat kandungan asam dan enzim yang bisa mematikan jamur serta bakteri. Asam dari cuka sari apel juga bisa menghilangkan sumbatan di bagian pori-pori kulit di kepala, sekaligus menyeimbangkan pH-nya.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menyemprotkan kulit kepala dengan campuran 60 ml cuka sari apel dan 60 ml air. Setelah disemprotkan ke kulit kepala, tutup kepala dengan handuk hingga 15 menit, kemudian cuci rambut hingga bersih. Kamu bisa mengulangi proses ini sebanyak 2 kali seminggu.

Beberapa tips menyembuhkan ketombe di atas bisa kamu coba agar permasalahan ketombe yang membandel bisa segera terselesaikan. Dan pastinya, ketombe tidak akan lagi mengganggu dan menurunkan rasa percaya dirimu.


Related posts

9 Cara Diet Sehat dan Aman Tanpa Bahayakan Tubuh

Risma Mualifa

Apa Tujuan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga

admin

Apa Itu Kanker Prostat ? Simak Disini

admin