29 November , 2022
Image default
Penyakit

Ketahui Ini Jika Mengalami Keputihan Berwarna Coklat


Perempuan pasti sempat hadapi yang namanya keputihan. Tetapi, bila hadapi keputihan berwarna coklat dengan indikasi yang tidak biasa hingga Kamu pantas waspada. Kenapa demikian? Alasannya, keputihan yang diiringi warna kecoklatan dapat jadi indikasi ataupun ciri dini dari timbulnya penyakit tertentu pada badan Kamu.

Keputihan berwarna coklat pula tidak meluluh jadi ciri terdapatnya penyakit sungguh- sungguh, wajarnya, keputihan berwarna kecoklatan ini pula jadi ciri dini dari datangnya haid serta akhir haid. Tidak cuma itu saja, keputihan coklat ini pula dapat jadi ciri bila Kamu lagi hadapi kehamilan.

Nah, buat mengenali apa saja pemicu dari keputihan berwarna coklat ini, ayo ikuti pembahasan sepenuhnya melalui postingan berikut ini.

Apa Itu Keputihan Coklat?

Dikala Kamu hadapi keputihan coklat hingga jangan langsung takut dahulu. Dapat jadi keputihan coklat ini merupakan indikasi siklus haid bulanan Kamu. Pada biasanya, dikala merambah siklus haid darah hendak memerlukan waktu ekstra buat keluar dari rahim. Perihal inilah yang menimbulkan terbentuknya keputihan yang berwarna kecoklatan. Tetapi, bila keputihan coklat ini berlangsung selalu serta diiringi indikasi lain, hingga segeralah bertanya ke dokter terdekat Kamu.

Awas, Penyebab Keputihan Berwarna Coklat yang Wajib Diwaspadai

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Sebagaimana yang sudah dipaparkan, kalau tidak hanya permasalahan kehamilan serta haid, keputihan coklat pula dapat jadi ciri terdapatnya penyakit sungguh- sungguh yang lain. Terlebih bila keputihan coklat yang terjadi pada dirimu diiringi dengan bau yang tidak nikmat dan rasa perih serta pula gatal. Sebagian pemicu keputihan coklat ini dapat jadi diakibatkan oleh kondisi berikut ini:

1. Atrofi vagina

Atrofi Miss V pada biasanya dirasakan oleh perempuan yang sudah merambah periode menopause. Pada keadaan ini, Miss V dapat hadapi infeksi ataupun iritasi. Sebagian keluhan yang dapat terjalin dikala hadapi atrofi Miss V ini di antara lain semacam rasa sakit dikala berhubungan seksual, Miss V terasa nyeri serta kering sampai timbulnya keputihan berwarna kecoklatan.

2. Polip rahim

Pemicu keputihan coklat yang lain yakni polip rahim. Dikala terletak di keadaan ini, para perempuan tidak cuma hadapi keputihan coklat namun dapat pula hadapi pendarahan Miss V dikala melaksanakan ikatan seks. Bila tidak lekas ditangani hingga keadaan ini dapat memperburuk rahim dari perempuan tercantum efek susah buat berbadan dua.

3. Servisitis

Penyakit yang satu ini mayoritas diakibatkan oleh penyakit peradangan akibat ikatan seks. Indikasi dari penyakit servisitis ini di antara lain yakni keputihan berwarna coklat sampai keputihan yang diiringi dengan darah. Indikasi yang lain bisa berbentuk seringnya buang air kecil, sulit buang air besar, anyang- anyangan sampai pendarahan serta perih kala berhubungan seks. Bila tidak lekas diatasi hingga penyakit servisitis ini dapat menimbulkan radang panggul.

4. Kanker serviks

Sebagian permasalahan menampilkan kalau pengidap kanker serviks pada biasanya tidak hadapi indikasi apapun. Tetapi, kala keadaan terus menjadi parah, penderita kanker serviks ini hendak hadapi perih di bagian dasar perut, perih dikala berhubungan tubuh, sulit buang air kecil sampai keputihan berwarna kecoklatan yang sangat banyak. Tidak cuma itu saja, pengidap kanker serviks pula menampilkan indikasi penyusutan berat tubuh secara ekstrem.

5. Endometriosis

Pemicu keputihan coklat yang lain yakni endometriosis. Penyakit ini sendiri ialah suatu kondisi di mana jaringan yang mirip dengan susunan rahim berkembang di tempat- tempat yang terletak di luar rahim. Sebagian gejalanya yakni semacam perih, haid yang parah sampai timbulnya bercal- bercak darah di masa periode haid. Bagi kedokteran, pada keadaan ini, endometrium terperangkap serta menimbulkan rasa sakit yang parah. Sampai pada kesimpulannya muncullah cairan kecoklatan ataupun keputihan yang berwarna coklat.

7. Implantasi

Jangan was- was serta khawatir dahulu dikala hadapi keputihan coklat. Dapat saja Kamu hadapi keadaan implantasi. Implantasi sendiri terjalin kala telur yang sudah dibuahi melekat pada susunan rahim perempuan. Perihal ini umumnya terjalin dekat 10 sampai 14 hari sehabis pembuahan. Pada keadaan ini Kamu pula dapat hadapi pendarahan ringan tercantum timbulnya cairan kecoklatan.

Sebagian indikasi dini kehamilan ini di antara lain semacam kram rahim, kembung, mual, keletihan, serta sakit pada bagian buah dada. Daripada cuma menduga- duga apakah Kamu berbadan dua ataupun hadapi penyakit sungguh- sungguh hingga terdapat baiknya buat lekas melaksanakan uji kehamilan. Bila hasilnya positif hingga silahkan bertanya langsung pada dokter maupun bidan yang terdekat dari kediaman Kamu.

Metode Menyembuhkan Keputihan Berwarna Coklat

Mengobati Keputihan Berwarna Coklat

Dikala terjadi keputihan coklat yang diiringi oleh rasa sakit ataupun perih yang lain pada badan, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Terlebih bila keputihan coklat tersebut telah berlangsung dalam waktu yang sangat lama.

Buat mengenali pemicu tentu dari keputihan coklat yang Kamu natural umumnya pihak rumah sakit hendak melaksanakan aksi berbentuk pengecekan raga serta pengecekan penunjang yang lain semacam kolposkopi, pap smear, uji darah, uji urine sampai USG panggul. Sehabis dicoba pengecekan, berikutnya dokter hendak membagikan sebagian tipe penyembuhan bergantung dari seberapa parah keadaan keputihan yang Kamu natural.

Obat Antibiotik

Bila Kamu hadapi keadaan atrofi Miss V, dokter umumnya hendak membagikan pengobatan pengganti hormon. Pengobatan bisa berbentuk pemberian tablet obat sampai krim Miss V yang mengandung estrogen. Pihak kedokteran umumnya pula hendak menganjurkan buat memakai gel ataupun pelumas Miss V yang berbahan bawah air. Ada pula buat menyembuhkan keputihan kecoklatan yang disebabkan oleh peradangan semacam servisitis maupun radang panggul, dokter umumnya hendak membagikan obat antibiotik.

Operasi

Proses penyembuhan yang satu ini umumnya dicoba kala keputihan berwarna kecoklatan tersebut diakibatkan oleh polip rahim ataupun kanker serviks. Ada 2 tipe pembedahan operasi yang dapat dicoba ialah pembedahan dengan tata cara laparoskopi yang sedikit sayatan serta pula dengan memakai tata cara terbuka.

Chemotherapy serta Pengobatan Radiasi

Mayoritas penderita kanker serviks menempuh penyembuhan chemotherapy serta pengobatan radiasi buat membatasi tumbuhnya sel- sel kanker. Kedua tipe pengobatan ini dapat dicoba saat sebelum ataupun sehabis proses pembedahan.

Panduan Menghindari Timbulnya Keputihan Berwarna Coklat

Mencegah Keputihan Coklat

Keputihan berwarna coklat memanglah ialah suatu keadaan yang wajar untuk seluruh perempuan. Tetapi, buat menghindari terbentuknya penyakit yang sungguh- sungguh yang lain hingga Kamu butuh untuk mempraktikkan sebagian panduan berikut ini.

  • Teratur mensterilkan zona Miss V dengan sabun lembut. Jangan sangat kerap memakai produk pembersih Miss V ataupun vaginal douche
  • Bilas zona seksual dari depan ke balik buat menghindari masuknya bermacam berbagai kuman pemicu peradangan di dekat anus
  • Gunakanlah dalaman yang berbahan katun yang dapat meresap keringat buat menghindari kelembapan pada zona vagina
  • Jauhi melaksanakan ikatan seks dengan metode bergonta- ganti pendamping sebab perihal ini bisa merangsang terbentuknya HIV/ AIDS

Baca juga : Hal – Hal yang harus diketahaui penderita sakit maag

Penutup

Biasanya, keadaan keputihan yang berwarna coklat ini bukanlah beresiko serta berbahaya bila terjalin sesekali saja. Hendak namun bila keputihan coklat terus bersinambung di luar siklus haid hingga dapat jadi Kamu hadapi indikasi penyakit sungguh- sungguh yang lain.

Dikala hadapi keputihan berwarna coklat yang tidak wajar serta diiringi dengan bermacam berbagai indikasi semacam demam, perih perut, berat tubuh turun ekstrem sampai hadapi kesusahan dikala buang air kecil hingga segeralah melaksanakan pengecekan ke rumah sakit terdekat.


Related posts

Inilah 6 Ciri Psikopat! Apakah Kamu Mengalaminya?

admin

Apa itu Osteogenesis Imperfecta

admin

Merasa Kurang Produktif? Siapa Tahu Anda Lagi Kena Penyakit FOMO!

admin